Breaking News
Loading...
Monday, December 30, 2013

Spesifikasi, Review, dan Harga Nokia Lumia 925

11:56 PM
Harga Nokia Lumia 925 - Nokia akhirnya merilis Windows Phone berbahan logam, meskipun tidak seluruhnya menggunakan bahan logam. Ponsel ini memiliki kemiripan dengan produk sebelumnya yaitu Nokia Lumia 920, serta termasuk dalam kategori high-end. Meskipun harga yang cukup tinggi, namun terbayar dengan kualitas kamera yang sangat menakjubkan.

Tahun lalu Lumia 920 menjadi produk unggulan Nokia karena mampu menawarkan kualitas layar dan kamera yang sangat baik, meskipun masih banyak kekurangan terutama dalam hal spesifikasi produk, berat ponsel, dan tampilan yang kurang elegan. Sekarang pabrikan asal Finlandia ini kembali dengan produk terbaru yaitu Nokia Lumia 925. Produk tersebut hanya berbeda segi urutan nama dari pendahulunya, namun secara keseluruhan tidak banyak berubah dibanding Lumia 920. Sama-sama memiliki kualitas kamera kelas atas, meskipun pada dasarnya masih memiliki kelemahan dalam spesifikasi produk.


Lumia 925 dibandrol pada kisaran 6 juta, lebih mahal dibanding Lumia 920 yang saat ini harganya sudah turun dikisaran 4 juta. Nokia Lumia 925 memiliki prosesor dual-core 1.5GHz dan RAM 1GB sama seperti Lumia 920, namun masih kalah dengan Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z yang keduanya memiliki RAM dua kali lipat dan prosesor quad-core. 

Untuk persaingan di kelas Windows Phone, Lumia 925 tidak terlalu memiliki lawan yang kompetitif selain HTC Windows Phone yang benar-benar menjadi pesaing tangguh. Berdasarkan pengamatan pasar, Lumia 925 agak sedikit kalah saing dengan HTC.

Pada pandangan pertama kemungkinan Anda tidak terlalu mengenali Lumia 925 sebagai salah satu produk Nokia. Bentuk persegi panjang seperti Lumia 920 dengan warna yang lebih cerah karena didesain dengan menggunakan bahan alumunium. Kesan premium tampak sekali pada Lumia 925 dibandingkan dengan produk Nokia lainnya.


Sayangnya Nokia belum membuat produk yang benar-benar bermaterikan logam seperti HTC One. Dengan pilihan warna yang cukup konservatif yaitu hitam, putih, dan perak membuat Nokia Lumia lebih memiliki kesan elegan daripada Nokia Lumia 920, meskipun secara keseluruhan tampilan masih kalah premium dibanding HTC One.

Meskipun desainnya terdapat kandungan logam, namun Nokia Lumia 925 terasa lebih ringan daripada Nokia Lumia 920, berat 139g (4.9oz) dibandingkan dengan 185g (6.5oz) Lumia 920. Dengan tebal 8.55 mm (0.33 inch), Nokia Lumia 925 lebih sedikit tipis dari pendahulunya yang memiliki ketebalan 10.7 mm (0.42 inch), sedangkan panjang dan lebar hampir sama yaitu 129 x 70.6 mm (5.08 x 2.78 inch).

Dengan ketebalan yang lebih tipis, Lumia 925 lebih mudah dan nyaman saat dipegang, meskipun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, posisi lensa kamera berada di belakang, membuatnya sangat mudah tersentuh jari tangan sehingga dapat menimbulkan goresan atau bekas tangan. Kedua, sudut ponsel yang tidak melengkung dapat menusuk tangan Anda saat memegang dalam keadaan tertentu.

Layar Lumia 925 memiliki ukuran layar yang cukup besar yaitu 4.5 inch AMOLED 768 x 1280. Posisi layar dengan sisi-sisi ponsel dibatasi oleh plastik. Tingkat kerapatan pixel cukup baik 332 pixel per inch, meskipun masih kalah dibanding HTC One atau Samsung Galaxy S4. Untuk ukuran layar dan resolusi sama dengan produk sebelumnya, meskipun tidak menggunakan teknologi PureMotion HD+ ClearBlack seperti Nokia Lumia 920. 

Di atas logo Nokia terdapat lubang suara dan kamera yang menghadap ke depan 1.3MP, sementara di bawah layar terdapat tiga tombol sentuh yang dilengkapi ikon untuk Start, Back dan Search. Kamera belakang berukuran 8.7MP Carl Zeiss dengan flash, serta bagian bawahnya terdapat speaker.


Plastik di sekitar lensa sedikit menonjol untuk lebih melindungi lensa saat ponsel diletakkan mendatar, meskipun pada akhirnya menimbulkan rasa kurang nyaman bagi jari-jari tangan. Tepi kiri terdapat strip logam tanpa fitur yang jelas, sedangkan tepi kanan terdapat tombol power di tengah, volume di atas, dan tombol kamera di bawah. Tombol-tombol ini cukup responsif, membuat pengguna lebih praktis untuk menggunakannya, selain itu antar tombol sedikit renggang sehingga mudah untuk dihapal.

Pada bagian atas Lumia 925 terdapat slot micro SIMcard di bagian kiri, port micro USB, port 3.5 mm, dan mikrofon. Sedangkan bagian bawah hanya sebatas hiasan yang bergariskan logam. Baterai memiliki daya 2000mAh dengan memori internal 16GB setengah ukuran Lumia 920 32GB. Nokia Lumia 925 lebih ramping dan ringan daripada Lumia 920, sehingga menimbulkan kesan premium. Kamera Lumia 925 lebih baik, meskipun spesifikasinya sama. Memori internal yang kurang dan harga yang jauh lebih mahal akan membuat pembeli berpikir ulang untuk memilikinya. 


SIMPULAN

Keunggulan:
- Tampilan premium
- Kamera bagus
- Aplikasi yang menarik

Kekurangan:
- Spesifikasi kurang bagus
- Layar kurang cerah
- Memori internal hanya 16GB

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer